Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi

Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi
- Pengetahuan, Keimanan atau kepercayaan dan perbuatan seorang muhsin adalah worldview.
- worldview adalah apa yang kita percaya, rasakan dan yang kita pikirkan.
- Worldview adalah cara pandang muslim terhadap realita dan kebenaran yang nampak oleh mata hati kita dan yang menjelaskan makna wujud. (Al-Attas)

#Kausalitas (sebab-akibat)
Bagi al-Ghazali, Tuhan itu mempunyai zat dan sifat. Seperti mengatur, mencipta, memberi dan berkehendak. Tuhan menciptakan.

Sedangkan bagi para Filosof, Tuhan tidak memiliki sifat. Tuhan tidak bergerak tetapi menggerakan. Tuhan hanya beremanasi.




Bagi Al-Ghazali, Kausalitas itu saling berkaitan tetapi tidak pasti.
contohnya: Api bisa membakar kertas. Tetapi pernah suatu waktu Api tidak membakar Ibrahim. Juga kisah Isa bin Maryam yang lahir tanpa bapak.

-Akal tidak bisa membuang pengetahuan wahyu (agama) sebagaimana halnya pengetahuan wahyu tidak bisa membuang pengetauan akal... (Ihya)Menurut Dr. Hamid Fahmi, Pernyataan Ibnu Rusyd bahwa Al-Ghazali anti ilmu pengetahuan adalah  pernyataan yang keliru.

Dr. Fahmy juga cerita pas nulis karyanya/disertasi tsb. Satu tahun ia menggumpulkan bahan rujukkan, ia baca semua dulu. baru kemudian ia mencari cela. Baru mengajukan ke profesor" dll..  mengenai hadits ttg taqdir. Ada orang yang beramal baik tetapi masuk neraka. ada orang beramal buruk tetapi masuk surga. Di mana letak hub kausalitanya?

#Dr. Fahmi memberikan contoh ttg orang yg banyak amal dan kemudian melakukan syirik. maka hapus semua pahala amalnya.

Juga kisah orang yg membunuh 99 orang jadi lengkap 100 orang kemudian ia bertaubat. Juga bisa saja orang bersedekah tetapi sambil melukai hati penerima sedekah dll.
Resume Salah satu peserta Seminar
(08/05/2018)

Posting Komentar untuk "Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi"

Berlangganan via Email