Jago Public Speaking

Gambar: Ida Ayu Nur Arofah Public Speaking

Public speaking menjadi hal yang sangat penting dimiliki di zaman yang dinamis dan serba cepat seperti sekarang ini. Setiap orang dimana pun berada dan berprofesi apapun dituntut untuk memiliki kemampuan ini. Iya, seni berbicara di depan umum atau lebih dikenal dengan public speaking. Dengan komunikasi yang baik dan mudah dipahami oleh komunikan atau audiens menjadikan seseorang mempunyai nilai plus tersendiri.

Karena kita adalah mahluk sosial, maka kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya komunikasi dan berbicara. Adapun macam-macam public speaking yang sering kita temui seperti pembawa acara atau MC, ceramah, orasi, presentasi di kelas dan di kantor, serta pidato didepan khalayak. Tentunya sangat diperlukan teknik public speaking yang tepat dan mumpuni sehingga kita tidak didera demam panggung. Sebelum kita menyampaikan ceramah atau pidato ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan:

  1. Melakukan analisis audiens, seperti apa audiens nanti yang akan kita ajak bicara sasarannya seberapa besar dan latar belakang pemahaman dan pendidikannya bagaimana agar kita bisa menggunakan pilihan kata yang tepat
  2. Memperhatikan ruang dan waktu, bagaimana keadaan dan kondisi dimana kita menyampaikan public speaking jangan sampai audiens merasa bosan dan tidak antusias
  3. Merangkai isi pidato dengan baik, yakni isinya harus up to date atau berita terbaru, merupakan sesuatu yang menyangkut kepentingan dan kebutuhan pendengar, sesuai dengan kemampuan logika pendengar, menyusun pendahuluan dan penutupan yang menarik, melakukan riset topik yang akan disampaikan, dan memperhatikan format tayangan media apa yang akan kita gunakan.

Presentasi yang kita sampaikan pun harus runtut dan sistematis dimulai dari pendahuluan, isi, saran, dan penutup agar pendengar pun dapat mencerna materi yang kita sampaikan dengan baik. Kadang kala kita mengalami demam panggung dan rasa nervous atau gugup ketika akan berbicara di hadapan umum, ada beberapa teknik dan tips dalam menghadapi rasa cemas dan takut yakni dengan cara:

  1. Menguasai materi yang akan disampaikan, bisa dengan cara mengulang dan melatihnya sendiri didepan kaca
  2. Lakukan positif imaging atau dengan membayangkan kondisi yang sesungguhnya di depan panggung
  3. Yakin, percaya diri, tarik nafas yang dalam, dan berdo’a
  4. Berbicara yang tenang tidak terburu-buru dan suara yang jelas
  5. Merancang kalimat pembuka yang menarik perhatian pendengar, sehingga mereka tertarik dengan apa yang akan kita sampaikan

Semoga tips ini bermanfaat dan bisa membantu kita dalam menghadapi public speaking nanti. Bicaralah yang baik atau diam, dan sebaik-baik perbuatan adalah mengamalkan kata-katanya. Untuk itu berkatalah yang baik sehingga amal perbuatan kita pun akan baik nantinya. Insya Allah.

Penulis: Ida Ayu Nur’Arofah

Mau lihat Ida Ayu Nur’Arofah jago public speaking baca puisi? Lihat video ini: 




Reaksi:
Berikan Reaksimu Tentang Artikel di Atas Dengan Men-Checklist Reaksi Ini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »