Arti Sebuah Kebenaran


Oleh : Ulil Albab

Pemahaman akan sebuah kebenaran akan menjadikan kita memiliki pandangan yang jelas untuk melangkah dan menentukan sikap.Kita harus coba memahami bahwa kebenaran memiliki beberapa tingkatan di dalamnya. Tingkatan pertama adalah benar diri sendiri, dalam artian kebenaran yang ada dalam tingkatan ini berdasarkan pandangan subjek kita sendiri. Tingkatan kedua adalah benarnya orang banyak, hal ini memiliki arti bahwa kebenaran yang dipahami oleh kebanyakan orang. Sedangkan yang terakhir adalah kebenaran yang sejati, kebenaran ini tak dapat dipahami oleh semua orang. Kita perlu melakukan pencarian secara lebih mendalam untuk memperolehnya. 

Aku sendiri meyakini bahwa dalam menempuh sebuah perjalanan pastilah diperlukan bekal untuk mencapai suatu tujuan. Aku memandang saat ini aku masih perlu untuk mencari bekal yang cukup sebelum menempuh sebuah perjalanan yang sangat panjang. Kita telah dibekali kemampuan untuk melogikakan apapun itu. Logika mengantar kita untuk berpikir lebih jernih, dengan logika pulalah kita mampu mengikuti alur berpikir yang seharusnya. 

Kita juga dituntut untuk menentukan sebuah sikap. Di mana perjalanan yang kita miliki bukan hanya diri kita sendiri yang melewati, terdapat berbagai variabel dan parameter yang menjadi acuan dalam hidup itu sendiri. Kita tidak memiliki kewenangan untuk untuk melawan atau menerima sebuah pandangan yang yang baru di mana terdapat pihak lain yang lebih berwenang karena kepemilikan saham atas diri kita
.
Setiap manusia di muka bumi ini telah dibekali kemampuan untuk memperoleh fatwa dalam dirinya sendiri. Hal ini berlaku juga dalam mencari yang namanya sebuah kebenaran, apapun kebenaran itu. Satu hal yang perlu di garis bawahi adalah kita tidak di perkenankan melampaui kapasitas diri kita.

Editor : Ilham Kamba
Reaksi:
Berikan Reaksimu Tentang Artikel di Atas Dengan Men-Checklist Reaksi Ini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »