Capaian Pembelajaran Teknik Informatika versi Kampus Merdeka dan APTIKOM 2020



Assalamualaikum bapak ibu dosen semua... Diantara bapak ibu yang nyasar berkunjung ke postingan ini mungkin para dosen yang sedang googling tentang Profil Lulusan, CP atau CPMK versi kampus merdeka.

Di postingan kali ini, mimin mau membantu bapak ibu semua untuk memadukan Capaian Pembelajaran untuk Jurusan Teknik Informatika yang bersumber dari Kemendikbud dan APTIKOM.

Tanpa perlu banyak basa-basi, Yuk langsung aja ke kontennya:


Capaian Pembelajaran Teknik Informatika versi Kampus Merdeka dan APTIKOM 2020


1. Sikap dan Tata Nilai (Sumber: Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020)


1.1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (sumber: Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020)

1.2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

1.3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

1.4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa

1.5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

1.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

1.7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

1.8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

1.9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

1.10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan



2. Pengetahuan (Sumber: Buku Pengembangan Kurikulum KKNI OBE Aptikom ver 2.0 2019)

2.1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika secara  umum  dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural


2.2. Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan cara kerja sistem komputer dan mampu merancang dan mengembangkan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah

2.3. Mempunyai pengetahuan dalam mengembangkan algoritma/metode yang diimplementasikan dalam   perangkat lunak berbasis komputer

2.4. Memiliki pengetahuan sesuai dengan capaian pembelajaran program studi S1 Ilmu Komputer (sub bab 4.5.3, Tabel 4-13)



3. Ketrampilan Umum (Sumber: Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020)

3.1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya


3.2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

3.3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tingg

3.4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

3.5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

3.6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

3.7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian  hasil   kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

3.8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

3.9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

3.10. Mempunyai kemampuan dalam mendefinisikan kebutuhan pengguna atau pasar terhadap kinerja (menganalisis, mengevaluasi dan mengembangkan) algoritma/metode berbasis komputer

3.11. Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (teamwork), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi

3.12. Memiliki kecakapan hidup level program S1 (sub bab 4.5.3, Tabel 4-13)



4. Ketrampilan Khusus (Sumber: Buku Pengembangan Kurikulum KKNI OBE Aptikom ver 2.0 2019)

4.1. Mampu merancang dan mengembangkan algoritma untuk berbagai keperluan seperti Network Security, Data Compression Multimedia Technologies, Mobile Computing Intelligent Systems, Information Management, Algorithms and Complexity, Human-Computer Interaction, Graphics and Visual Computing. (Spesifik pada masing-masing program studi, sesuai dengan profil lulusan dan SDM)

Tidak ada komentar untuk "Capaian Pembelajaran Teknik Informatika versi Kampus Merdeka dan APTIKOM 2020"