nisfu sya'ban. Mitos. Fakta dan Tradisi.

(nisfu sya'ban)  Mitos. Fakta dan Tradisi.  

Seharian  ini aku melakukan aktivitas layaknya manusia biasa cuman serasa padat dan lumayan capek karna padatnya ritme kegiatan yang kubuat sendiri,  dari mulai silaturahmi ke kantor bapak,  menjenguk nenek saya yang sedang sakit.  Hingga  menjenguk adekku yang paling bontot di pesantren,  lelah memang tapi aku menikmatinya.  Ketika  perjalanan pulang  kerumah saya naik motor dengan ibuk dan akupun  melihat Bulan begitu  bulat sahutku,  koq bunder ser yo buk?  Njih to mas.  Kan Tanggal 15 Sya'ban. Ayyamul bith, kebetulan pas kami berdua berpuasa Ayyamul  bith.  


Alhamdulillah kami berdua berbuka puasa di diwarung biasa dipinggir-pinggir jalan dengan menu pecel dan Es degan.  Alhamdulillah  setelah selesai aku bergegas  kembali kerumah dan sebari ngebut naik motor  ibuk memberi penjelasan  tentang  nisfu sya'ban yang penuh mitos tradisi orang jawa.  

Dari  mulai ditutupnya buku dan dibukanya lembaran baru dan lain sebagainya,  sekitar  rumah ruamai tradisi Sholawatan dan Pujian,  tak apa Masyarakat  masih  menjaga sakralitas Bulan bulan Jawa dan islam semoga  ada manfaatnya dan membawa maslahah. Hanya harap itu saja. This about tradition and Culture, every body must keeping our Local wisdom becouse they are our identity.tanpa mencapur adukkan prinsip yang Transendental yakni tauhidi. 

Ahmad zia Khakim,  30/04/2018
Reaksi:
Berikan Reaksimu Tentang Artikel di Atas Dengan Men-Checklist Reaksi Ini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »