Materi Itikaf Ramadhan di Masjid Jogokariyan Yogyakarta Tahun 2017: Rahasia Sukses Dengan Manajemen Langitan

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu.

Tulisan ini dapat dimuat berkat reportase salah satu rekan tim yang mengikuti langsung iktikaf Ramadhan di Masjid Jogokariyan Yogyakarta di tahun 2017 ini. Semoga Allah menerima amal ibadahnya. aamiin.


Dari sekian banyak materi yang disampaikan dalam Itikaf Ramadhan di Masjid Jogokariyan Yogyakarta Tahun 2017, ada satu materi yang sangat berkesan bagi reporter. Judul materinya adalah: Rahasia Sukses Dengan Manajemen Langitan yang disampaikan oleh Ustadz Puji Hartono. 

Berikut adalah resume materi yang didasarkan pada catatan Ust Mushadi Sumaryanto. 

"Buat adek2 yg nggak berkesempatan menyimak beliau mungkin tulisan dibawah ini bisa mewakili materi tadi yang jlebbb abiss..

Semoga setelah menyimak ini bisa kita amalkan bersama sehingga kita sekeluarga bisa selalu bahagia, sehat, sejahtera, Berkelimpahan Harta Rohani, lebih suka memberi dan bermanfaat untuk sesama..... Aamiin..^_^..

Sebab yang saya share ini adalah RAHASIA SUKSES Seorang Da'i sekaligus pengusaha beromset milyaran rupiah perbulannya.. 

Sebelum saya share isi taushiyahnya ada baiknya kita kenalan dulu profil beliau,
beliau lebih akrab di panggil Kang Puji daripada ustad Puji. Padahal lebih banyak berdakwah daripada mengurusi bisnisnya.

Yang membuat saya kagum sama beliau, bukan karena Omset 7 Milyar perbulan, tapi di balik itu semua, apa rahasianya..?

Beliau sudah Rutin sedekah minimal satu juta setiap hari sejak tahun 2010 sampai sekarang. Wooww... Bagaimana dengan penghasilan anda? hehe..  Itu kata kang puji sendiri. Bukan bermaksud Riya' (Sombong). Emang sih, kalau lawan mental MISKIN memang suka bilang, "Sedekah kok di omong-omongin enggak ikhlas tuh. Pahalanya bisa hilang semuaa."

Hellooww, Ikhlas atau enggak itu yang tau cuma Allah SWT, Malaikat, Si orang tersebut... jangan-jangan ente malaikat gadungan..  tau niat sedekah seseorang... hehe #Peaceee..

Bayangin, kalau kita mau sedekah tapi nunggu IKHLAS dulu, kapan sedekahnya wooyy? Misalkan ada kejadian begini, kita sedang jalan-jalan ke Mall... habis gajian tanggal muda... saat baru jalan kaki baru selesai parkirkan motor ada pengemis datang...

Si pengemis, "Tuan, minta sedekahnya... saya sudah 2 hari belum makan," Kita baru terima gaji nih,   duit baru saja ambil di ATM  warna merah semua duitnya (seratus ribuan). kira-kira apa yang sebaiknya kita lakukan? biasanya sedekah cuma seribu, itu pun pas hari jumat, sebelum sholat jumat... duitnya pun lecekk,, kadang masukan duit recehan ke kotak infaq,, #klotak....hehe... apa gak malu maluinnn..?? hehehe

Saat seperti itu, terjadi pertentangan batin, wah eman-eman nih, duit gue merah semua... masak gue kasih ke pengemis ini... (maklum bro, kepaksa sedekahnya,, gak ada uang receh...) Sedekahnya jadi kepaksa... mau jadi kasih atau tidak itu urusan anda.... "Kagak ikhlas saya kalau kasih uang seratus ribu" bathin dia.

IKHLAS atau tidak, itu masalah NIAT dan HABIT... kalau anda sudah sering sedekah seratus ribu, setiap hari.. saya jamin sudah enggak mikirin tuch, ikhlas apa enggak.. yang penting sedekah-sedekah ajah, sambil meluruskan niat.

JANGAN PERNAH ITUNG-ITUNGAN KALAU SEDEKAH... Malu sama Allah SWT, sudah di kasih nikmat banyak, sedekah masih suka itung-itungan.. kalau gue sedekah sekian,  maka akan jadi sekian... #hadehCapekDech... sudah sedekah, sedekah ajah.. jangan banyak mikirrr.....

Kembali ke cerita tadi, kalau ada orang sudah 2 hari belum makan minta sedekah ke kita, Apakah cuma di kasih SEDEKAH SENYUM,.. Karena kita Ikhlas jika sedekah senyum... bisa di lempar sendal kita hehe.. emang bisa bikin kenyang si pengemis.. Bagusnya tuch,sambil sedekah kasih uang terus senyum....#klopdech....

Ustadz Puji ini memiliki 6 Perusahaan, salah satu yang paling sukses bisnis air dalam kemasan dalam botol... Namanya VO2....


Yang membuat kita kagum, rumah beliau amat sederhana,  biasa saja, tidak tingkat,,.

Terkadang ketika ada mitra bisnisnya datang kerumahnya, sempat terkaget....
Pengusaha omset milyaran rupiah rumahnya cuma begini...?? ..hmm....
cara hidup beliau memang sederhana... karena kata beliau, "Hidup di dunia cuma sebentar, apapun harta yang kita miliki saat ini suatu saat pasti di tinggalkan semua ketika sudah mati.... lebih baik banyak amal untuk membangun rumah di surga." Subhanalloh...

Di awal ceramahnya malam ini, beliau memulai dengan berkisah beberapa orang yang dikenalnya Allah wafatkan sebelum memasuki bulan Ramadhan.. makanya kita beruntung banget ya Allah kasih kita keaempatan bukan hanya bisa mencicipi ibadah di bulan Ramadhan, tapi Allah berkenan mengumpulkan keluarga kita sampai dipenghujung Ramadhan. Bisa i'tikaf sama2.. walaupun minus bang Hudan, tp insyaAlloh beliau akan menyusul.. (#Ya Allah mudahkan urusan saudara kami Hudan Ya Allah.. agar bisa berkumpul bersama kami di sini... amiin..)

Bahkan ustadz Puji bilang seandainya boleh memilih antara mengisi ceramah ramadhan dengan i'tikaf, beliau akan lebih memilih i'tikaf di 10 hari terakhir ramadhan ini. Karena supaya bisa memaksimalkan 9 jurus Sukses ala Manajemen langitan..

Oke,  daripada mulai kepo apa RAHASIA SUKSES Ustadz Puji Hartono...
ini dia RAHASIANYA MANAGEMENT LANGITAN....

1. Hidup hanya menunggu WAKTU SHOLAT & DISHOLATKAN

Apakah yang terpenting bagi seorang muslim kepada Tuhannya..? ...IBADAH..
salah satunya sholat, beliau selalu sholat TEPAT WAKTU dan BERJAMAAH...
dan amalan PERTAMA kali yang akan di HISAB adalah sholatnya.. Jika SHOLATNYA BAIK.. insyaAllah baik semua...
coba cek sholat kita masing-masing, masih suka bolong atau tidak... #intropeksiDiri...

Apalagi kalau omset mulai naik, bisnis mulai berkembang dan besar,, Tapi sholat semakin bolong-bolong.. Hati-hati..  bisnis yg itu akan membawa petaka suatu hari nanti....

Pesan Rasululloh SAW sebelum wafat adalah PELIHARALAH SHOLAT....

Percuma kita ngaku muslim kalo gak sholat. Walaupun puasa, zakat, haji. Gak ada gunanya kalobgak sholat. Tetep aja masuk neraka. Sama seperti kita masukin anak kita sekolah. Bayaran tetap bayar. Tapi nggak pernah masuk kelas. Bolos terus. Naik nggak? Ya nggak. Lulus nggak? Ya nggak!!!

2. Selalu menjaga WUDHU

Ustadz Puji sendiri selalu menjaga wudhu, ketika batal wudhu lagi... jadi selama sehari dalam keadaan suci dari hadas dan najis... sudah beliau praktekan bertahun-tahun, termasuk kepada karywan perusahaanya... jadi waktu sholat tiba, bisa langsung segera sholat sunnah sebelum sholat fardu.... karena selalu menjaga wudhu...

Bagaimana kalu kita orangnya gampang kentutan? Ya gapapa. Kalo kentut ya wudhu lagi. Kentut lagi ya wudhu lagi. Begitu aja terus..

3. Sholat DHUHA! Mumpung lagi i'tikaf polin sampai 12 rakaat.

Biar gak capek atau bosen selingin, 2 rakaat abis itu baca quran, ntar sholat lagi 2 rakaat, terus selingin lagi baca qur'an.. terusss sampai 12 rakaat poll. SHOLAT DHUH ini salah satu sholat pembuka REZEKI... Apalagi selesai sholat dhuha, doa yang khusus sholat dhuha, coba baca artinya subahanlloh luar biasa isinya... yuks mulai biasakan... "ya Alloh kalau rejekiku ada dilangit turunin kebumi, kalau ada didalam keluarkan, kalau jauh dekatkan, kalau haram halalkan.."

Ini yg penting. "Kalau rejekiku ada yg Haram, halalkan..". Kenapa? Sebab harta yang haram kalau masuk ke perut kita, terus jadi daging jadi darah, darah itu mengalir ke bibir dan lisan kita, itu yg bikin lisan kita kelu dan susah buat baca qur'an! Kalau yg haram itu kita makan, terus jadi darah, darah itu mengalir ke mata kita, akhirnya mata ini berat kalau baxa qur'an, berat dipakai sholat. Mata yg mengalir darah haram, lebih senang ngeliat Tv, main game, nonton film. Kalau untuk kebaikan, nguantuk terus. Lalu Kalau darah itu mengalir ke otak, otak jadinya suka mikir negatif thingking, muncul ide negatif juga idenya. Ngalir ke telinga, akhirnya susah ndengerin nasehat, lebih seneng denger musik drpd denger tilawah atau taushiyah.. ngalir ke hati, bawaannya panas aja, buruk sangka, iri, dengki, hasad, hasud, dll.. astaghfirullah.. maka sholat dhuha menjadi penting disamping untuk membuka pintu rizki juga untuk membuka pintu ridho dari Allah agar menghalalkan dari harta haram yg terlanjur mendarah daging di tubuh kita...

4. Sholat TAHAJUD

Konon sholat ini yang dulu mau diwajibkan...  sudah banyak sekali kisah yang merasakan ke dahsyatan sholat TAHAJUD... Sholatnya orang-orang mulia dan bertaqwa....   karena memang berat,   melaksanakan sholat sunnah yang satu ini. Tapi pengaruhnya LUAR BIASA.... Allah SWT turun ke langit dunia saat di sepertiga malam terakhir...

"Barangsiapa yang memohon ampun kepada-KU, akan Aku ampuni, Barangsiapa yang memohon sesautu kepada-Ku akan Aku Kabulkan"

5. BAIK dengan KELUARGA

Pengusaha yang SUKSES, Pasti BAIK dengan keluarganya.. kepada orangtuanya, ibu, ayah, adik dan kakaknya... Baik kepada istri, suami, dan anak-anaknya.... kalau usaha kita semakin hari semakin turun omsetnya atau malah BANGKRUT.. kroscek:
#Bagaimana hubungan keluaragnya, pasti ada yang tidak beres....

"Perlakukan orang tuamu seperti raja, maka rezekimu seperti raja"

Ini bukan omong kosong, sudah banyak buktinya...

"siapa  yang memulaikan orang tuanya, hidupnya mulia...."

#Apakah juga karena pelit berbagi kepada keluarga saat kita punya rizki?? bisa jadi itu yang menyumbat rezeki kita.... Mintalah doa orangtua, saat berbisnis.... Semoga bisnis kita sukses berkah banyak manfaat....

6. MAAFKANLAH semua orang yang pernah menyakiti kita

Berdoalah, "Ya Allah Yang Maha Kuasa, saya maafkan setulus hati semua orang yang pernah menyakiti saya, baik lahir maupun bathin. Semoga semua orang yang pernah menyakiti saya, hidupnya jauh lebih baik, saya ikhlas memaafkan segala kesalahannya"..

Ini contoh doanya, kita bisa  berdoa sesuai hati kita.. Mungkin agak sulit ya,a  saya YAKIN kita pasti bisaa...

Ndak mau memaafkan segala kesalahan orang-orang yang pernah menyakiti hati kita baik batiniah maupun lahiriyah, bisa jadi ini yang menghambat kita tidak sukses-sukses bisnisnya... ditipu mitra, partner bisnis, karywan suka nilep duit, di khianati teman, dll. maafkanlah saudaraku...  Hidup kita sangat BERHARGA, jangan sampai luka di dalam hati kita selalu kita buka dengan mengingat kesalahan teman-teman kita..^_^..

7. PIKIRKAN dan BANTU ORANG LAIN

Hidup kita akan semakin INDAH, ketika banyak mafaat untuk sesama.  Teman-teman kita senang saat kita datang. karena kebaikan amal perbuatan kita.... ada tetangga terlilt hutang, kita bantu dengan senang hati, ada anak yatim piatu tidak bisa membayar biaya SPP, kita yang bayari,   teman kita butuh pertolongan,  kita bantu dengan ikhlas tanpa minta imbalan...

Jika hidup kita masih biasa-biasa saja...  bisa jadi karena kita terlalu EGOIS selalu memikirkan kepentingan dan keuntungan PRIBADI.... #Hmmm.. mau sampai kapan? Padahal orang-orang yang Allah SWT Limpahkan rezeki yang BERKAH MELIMPAH adalah orang-orang yang selalu membantu orang lain dengan tenaga, pikiran dan hartanya.... coba lihat sekeling kita, adakah ada tetangga kita,hidupnya untuk makan saja masih susah,apalagi untuk biaya sekolah... mungkin anda bisa membantunya..^_^..

jika bisnis sudah besar, Fokuslah ke SOSIAL,,, Mulailah dari sekarang, pantaskan diri bahwa kita layak menjadi orang kaya.... Nanti Allah SWT yang akan memberikan kekayaan kepada kita....

Mulailah sekarang, kita berpikir untuk orang lain. Ada seorang ibu yang punya balita sekaligus pemilik sebuah toko kelontong. Suatu ketika tokonya itu kebakaran dan si balita tadi ada didalamnya. Apa yg dilakukan sang ibu? Dia masuk ke tokonya yg kebakar itu, dicari anaknya. Dia gak peduli walaupun beberapa kali kepalanya terkena reruntuhan bangunan toko yg terbakar. Bahkan sampai berdarah darah. Dwmi menyelamatkan sang anak. Begitu ketemu anaknya dengan berlumuran darah dibawanya anak itu ke rumah sakit. Sampai rumah sakit perawat dan dokter nanya ke si ibu, "ibu ayo dirawat juga itu ibu banyak lukanya". Apa kata si ibu "nggak dok, nggak sus, saya nggak sakit kok. Ibi tolongin anak saya aja".

BRO, SIST, kira2 apa yg membuat si ibu begitu kuat dan nggak merasakan sakit? Itu adalah karena beliau tidak memikirkan dirinya. Tapi karena beliau memikirkan anaknya. Kapan si ibu mulai merasakan sakit? Yaitu ketika keadaan sudah mulai tenang, ketika siibu duduk sendirian lalu mulai MEMIKIRKAN KEADAAN DIRINYA. Saat itu dia baru sadar "oh kok berdarah yah? Aduh ada luka ini. Baru mulai pusing mulai lemas, dst. jadi mulai sekarang buang egoisme. Mulailah kita memikirkan orang lain. Maka kita akan punya power. Kita akan kuat dan gak baperan. Kita akan lemah kalo baperan, mikirin perasaan dir sendiri.

8. SEDEKAH sebelum Jam 9 PAGI

ini juga salah satu RAHASIA SUKSES ustadz Puji. Beliau selalu sedekah sebelum jam 9 pagi... Kenapa harus sebelum jam 9 pagi..?? Ingat,  kapan waktu orang mau menjemput rezeki..?? waktu pagikan...?? Sedekah kita bisa jadi yang membukakan pintu rezeki kita lainnya....jualan jadi laris, dapat inverstor baru, Mendapatkan mitra yang bisa diajak kerjasama... kata beliau, "Jika kita selalu sedekah setiap hari,kita tidak tau.. sedekah mana yang IKHLAS.. tapi bisa jadi ketika satu bulan rutin sedekah ada 3 sedekah kita yang IKHLAS dan Allah SWT catat sebagai amal sholeh... karena kita tidak tau, amal mana yang membuat Allah SWT RIDHO pada kita".

tidak harus banyak, yang penting ISTIQOMAH dulu, beliau mengajarkan, sedekah 3 S (Sedekah Sehari Seribu)...kira-kira berat enggak..?? Enggakkan,ringan bangett,, 
Apakah harus seribu, tidak sich,, yang penting kita ISTIQOMAH dulu setiap hari...lebih banyak lebih bagus...karena dampaknya pasti beda. sedekah dengan uang 10 ribu dan 100 ribu.. bagi si penerima.... ini yang beliau lakukan dari tahun 2010, sedekah Minimal SATU JUTA setiap hari...

Ada teman beliau yang mau umroh uangnya kurang, terus beliau suruh sedekahin aja ke musholah buat benerin pager. Subhanalloh, akhirnya malah bisa umroh dengan fasilitas yang plus plus gratis dibayarin sama orang.

Urusan sedekah ini percaya nggak percaya juga gapapa yang penting dikerjain.

10. THE POWER OF MIND,THE POWER OF ACTION THE POWER OF PRAY....

A. Kekuatan pikiran,,,
berpikirlah POSITIF apapun yang terjadi pada kita... meskipun hal buruk yang sedang menimpa kita...saya pernah mengalami kejadian,motor macet di per4tan ketika lampu merah, saya pasrah, sabar, berpikir postif dansambil mendorong motor cari bengkel.....

Alhamdulillah, ada bengkel cuma jarak 15 meter...saya BERSYUKUR....
- Sudah ketemu bengkel
- Untung Macet ketika lampu merah,coba kalau pas lampu hijau motor saya macet..#bisa ditabrak dari belakng...
- Bisa jadi ini rezeki pemilik bengkel, karena motor saya, di ganti dengan busi baru...keluar duit, tapi tidak masalah...
- Semoga kejadian itu mengugurkan dosa saya....

Cobalah berpikir postif saat masalah datang dalam hidup kita.... PASTI ADA HIKMAHNYA... itu bukan hal yang kebetulan,, sudah dalam skenario Allah SWT.... Tinggal cara kita merespon masalah yang meninpa kita,,, apakah dengan cara POSTIF atau NEGATIF..?? Toh, klo merespon dengn cara negatif,, kita sudah tentu RUGI... mending POSTIF ajh,,,, setujuu...?? ..okee sippp...

B. Kekuatan Tindakan.
impian hanya tinggal impian, selama tidak ada tindakan untuk mewujudkannya... Sebagus apapun Strategi penjualan anda, jika TIDAK ACTION.....Bullshit namanya.... tidak bakal menghasilkan.... Tindakanlah yang akan menunjukkan apakah ANDA layak SUKSES atau tidak...

IDE BISNIS sebagus apapun TIDAK ada GUNANYA,, jika tidak ada TINDAKAN untuk mewujudkannya.... mending ide bisnis sederhana, tapi segera di ACTIONKAN.... Makan akan terlihat HASILNYA....Yuks ACTIONKAN, Rencana hidup yang sudah kita buat...WAKTU TERBAIK MEWUJUDKAN IMPIAN ANDA,YA SEKARANG.....Bukan nanti tau besok...#IngatItuh....

C. KEKUATAN DOA,........
"Usaha tanpa doa sombong,dan doa tanpa usaha Bohong".. ingat, doa mampu mengubah TAKDIR HIDUP kita...Apalagi jika yang mendoakan orangtua kita....saya pernah mendengar sebuah kalimat,"Saat anda di doakan 100 ulama, dan anda juga di doakan ibu, maka doa Ibu ANDA JAUH LEBIH DAHSYAT" jangan sampai ada doa Negatif, terucap dari kedua orang tua kita... #alamat hidup kita   susah.... Bahagiakanlah mereka... Berbaktilah kepada orang tua kita sebelum mereka meninggal.. minta doanya....

ini yang selalu saya lakukan, jika menginginkan sesuatu... saya minta ibu saya membantu mendoakan.... Alhamdulillah, jalannya di permudah dan saya lebih cepat mendapatkan apa yang saya inginkan....

Mungkin itu dulu yang bisa saya,. sharingkan.. semoga banyak memberi manfaat... Mohon maaf jika ada kata kurang berkenan, atau ada banyak kesalahan di tulisan ini dan maaf bila kepanjangan.."


Background Panggung





Suasana Kajian Subuh


Suasana Kajian


Suasana Berbuka Puasa
Reaksi:
Berikan Reaksimu Tentang Artikel di Atas Dengan Men-Checklist Reaksi Ini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »