Agama Kecil

Pernahkah kita memandang bahwa seringkali masih terjebak pada bagaimana cara untuk meraih tujuan. Kita selalu mempersoalkan berbagai hal mulai dari hal yang kecil dimana seharusnya tidak menjadi pokok bahasan untuk saat ini. Keruwetan tatanan kehidupan sosial dan bernegara ini lebih disebabkan adanya pihak yang memang dengan senang membuat kelompok dan menjadikan kelompok itu sebagai satu-satunya sumber kebenaran. 

Kita tidak pernah menyadari bahwa muncul agama kecil yang ada di dalam diri ini. Sebagai contoh, menjadikan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. Sehingga mengerahkan berbagai usaha yang dimiliki untuk mencapai hal ini. Selain itu, ada juga kelompok politisi yang berusaha menjadikan kekuasaan sebagai Tuhan dan menggunakan sikap pragmatis sebagai agama. Atau para intelektual yang dengan sukarela menjadi penyokong adanya ketidakadilan. Mencari aman untuk diri mereka sendiri membuat mereka lupa mengenai hakikat ilmu yang mereka peroleh. 

Semoga saja keruwetan yang ada pada negeri maupun kehidupan sosial kita saat ini membuat kita lebih dewasa dan bijak dalam mengambil keputusan. Kadangkala kita terlalu senang dengan apa yang kita lakukan dengan menganggapnya sebagai suatu kebenaran dan seolah memiliki legitimasi atas berbagai tindakan yang dilakukan. Jangan sampai kita menjadi makhluk yang untuk mencapai taraf manusia saja kita tidak atau belum layak. 



Reaksi:
Berikan Reaksimu Tentang Artikel di Atas Dengan Men-Checklist Reaksi Ini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »