Pandangan Hidup Muslim

buahpeer.com, Menurut Prof Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc, M.Ag menerangkan bahwa pandangan hidup itu ada dua macam yakni pandangan hidup yang sempit sehingga menyebabkan sikapnya pun sempit dan pandangan hidup yang baik sehingga sikapnya pun akan baik. Point of view atau sudut pandang pun dibagi ke dalam tiga bagian yakni pandangan Tuhan, pandangan manusia sebagai mahluk, dan pandangan hidup.
picture source: ahmadfahmy.com
                
Fenomena yang saat ini terjadi adalah ada orang yang paham terhadap agama akan tetapi tidak mau melaksanakannya, kita bisa mengambil contoh dari sikap Abu Lahab. Adapula fenomena orang yang mau melaksanakan ajaran agama akan tetapi tidak memiliki pemahaman akan apa yang ia lakukan. Seharusnya seorang muslim yang ideal memiliki pemahaman yang baik dan mau melaksanakannya dengan penuh ketaatan.

                Adapun Pandangan Tauhid yakni pandangan Allah Tuhan seru sekalian alam, yakni berupa ibadah dan uswah. Ibadah disini adalah murni ibadah penghambaan pada Allah sebagai zat yang menciptakan manusia dan alam semesta serta seluruh yang ada didalamnya. Selanjutnya uswah disini adalah suri teladan Rasulullah SAW sebagai mahluk terbaik yang Allah ciptakan sebagai role model bagi umat manusia.

Pertama, Pandangan hidup tentang Tuhan

Pernyataan ‘laa illaha’ mengandung arti:
1.  Rububbiyah: Allah sebagai pencipta, pemberi rizki, pemilik segala yang ada di alam semesta
2.      Malik: Allah sebagai raja, pemimpin atau mulkiyah
3.      Ilahiah: Tak ada tuhan yang disembah selain Allah SWT
4.      Ubudiyah: Beribadah pada Allah, hanya Allah yang wajib diibadahi

Kaum atheis tidak membenarkan kalimat ‘laa illaha’ sehingga atheis itu kaum musyrikin lebih daripada iblis, karena iblis saja mengakui bahwa Allah SWT sebagai tuhannya sedangkan ia tidak mengakui. Jika kita termasuk umat Rasulullah maka tidak akan sepakat untuk berbuat salah.

Kedua, Pandangan hidup tentang Manusia

Biologis/basr, bahwa manusia adalah mahluk yang dapat disentuh memiliki keinginan untuk makan, nafsu, tidur, kawin, dan menyukai lawan jenis. Insan/annas bahwa manusia adalah mahluk yang utuh dan sempurna dengan diberikan hati, jiwa, raga, akal mahluk yang terbatas, dan panca indera yang terbatas. Kenapa terbatas karena yang Maha Tak Terbatas hanyalah Allah. Yang terakhir adalah tugas dan fungsi manusia yaitu sebagai khalifah dengan kuncinya adalah ilmu dan menjadi hamba Allah.

Ketiga, Pandangan hidup

Maksud pandangan hidup disini adalah beribadah kepada Allah SWT, dan Rasulullah sebagai contoh pandangan hidup. Kita harus berteman dengan orang yang beriman mengajak kita pada kebaikan dan mengingatkan kita jika melakukan keburukan. Dan musuh hidup kita adalah orang kafir dan syetan. Untuk itu janganlah kalian memilih pemimpin dari golongan orang yahudi, nasrani, dan kafir untuk dijadikan pemimpin umat muslim. Karena pemimpin adalah sebuah jabatan yang profesional dan harus diemban oleh orang yang beriman.

         Pada masa sekarang negeri kita begitu disibukkan dengan berbagai ormas yang saling tuduh dan menyerang. Sebenarnya ormas islam yang jumlahnya banyak itu apa sih? Semua ormas islam pada dasarnya sama tujuannya dalam mewujudkan islam rahmatan lila’lamin hanya alat dan caranya saja yang berbeda dan itu semua adalah pilihan masing-masing ormas dengan satu tujuan yang sama.

Ummat pun selalu terpecah karena dua hal yakni masalah perbedaan dalam masalah furuq dan penyimpangan. Dan yang salah adalah penyimpangan karena sudah keluar dari konteks Al-Qur’an dan sunnah rosul seperti sekte-sekte, ahmadiyah, dan syi’ah.

      Ada tiga aspek dalam diri Muhammad SAW sebagai manusia yang ditunjuk sebagai rasul di bumi, yakni:
  1. Basr; sebagai mahluk biasa
  2. Arabi’; sebagai orang yang berasal dan berbudaya arab
  3. Rasul; sebagai utusan Allah dan menjadi uswatun hasanah bagi umatnya.

Wallahualam bisawab,


Penulis: Ida Ayu Nur’Arofah.    
Reaksi:
Berikan Reaksimu Tentang Artikel di Atas Dengan Men-Checklist Reaksi Ini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »